BALIKPAPAN – Guna mendukung pelaksanaan turnamen sepakbola internasional bertitel 47th Asian Schools Football U-18 yang dilaksanakan di Balikpapan pada 15-25 November 2019 mendatang, sejumlah persiapan terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Kalimantan Timur.

Dukungan yang dilakukan itu adalah menyiapkan lapangan untuk latihan bagi sejumlah tim peserta turnamen dari beberapa negara. Salah satunya dengan menyiapkan lapangan Foni yang berada di Kecamatan Balikpapan Barat, Jalan Letjen Suprapto Balikpapan.

Agar lapangan Foni dapat digunakan maksimal untuk latihan bagi tim sepakbola yang akan berlaga di turnamen ini, khususnya tim yang menginap di Hotel Blue Sky Balikpapan, Pemkot Balikpapan melalui Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balikpapan melakukan pemotongan rumput dan bersih-bersih lapangan, Selasa (12/11/2019).

“Tim sepakbola dari China akan tiba di Balikpapan pada Rabu 13 November 2019. Rencananya akan menginap di Hotel Blue Sky dan akan menggunakan lapangan Foni ini untuk latihannya. Maka, lapangan Foni ini semaksimal mungkin kita bersihkan dan rawat agar tim yang akan berlatih benar-benar nyaman,” kata Subardiyono, Kabid Kebersihan DLH Balikpapan saat ditemui Kabargupas.com di lokasi kegiatan.

Subardiyono menambahkan, dalam melakukan bersih-bersih lapangan Foni, sebanyak 45 personel Bidang Kebersihan DLH Balikpapan dilibatkan. Mereka terdiri dari personel unit reaksi cepat (URC) Kebersihan, personel Tim Selamat (Selasa-Jumat) serta lainnya.

“Untuk personel, kita berjumlah 45 orang didukung dari URC, unit tanki, unit pengumpul sampah, dan unit penyapu jalan wilayah Balikpapan Barat. Semuanya kita kerahkan agar segera tuntas,” tambah Subardiyono.
Kabid Kebersihan DLH Balikpapan, Subardiyono (kiri) melakukan koordinasi dengan staf DLH Balikpapan dalam melakukan bersih-bersih lapangan Foni, Selasa (12/11/2019).

Menurut Subardiyono, Bidang Kebersihan DLH Balikpapan masuk dalam kepanitiaan yang fokus dalam penanganan kebersihan. Maka pihaknya akan melakukan bersih-bersih di lokasi yang akan digunakan untuk latihan bagi tim-tim peserta turnamen 47th Asian Schools Football U-18.

“Kami juga akan fokus di lokasi yang menjadi tempat menginap para delegasi dari 8 negara tersebut, salah satunya adalah Hotel Blue Sky. Sehingga, wilayah Balikpapan Barat secara keseluruhan yang akan dilintasi sejumlah delegasi dari peserta turnamen sepakbola ini, akan dilakukan bersih-bersih. Kita menginginkan semua wilayah Balikpapan bersih, sehingga seluruh peserta turnamen terkesan dengan Balikpapan, kota yang bersih, serta nyaman dihuni. Paling tidak, mereka mempunyai kenangan yang tak terlupakan selama berada di kota ini,” papar Subardiyono.

Tidak hanya kegiatan yang ada di lapangan Foni, kegiatan lainnya juga dilakukan di lapangan Sudirman Balikpapan. Pada saat kegiatan pembukaan dan penutupan yang dilaksanakan di Stadion Batakan Balikpapan, tuturnya, maka titik-titik yang menjadi kegiatan peserta turnamen sepakbola akan dilakukan bersih-bersih.

“Untuk menjaga citra negara Indonesia yang berada di Kota Balikpapan, khususnya yang diberikan kepercayaan menggelar turnamen ini harus benar-benar ditopang agar pelaksanaannya berjalan tertib, aman dan lancar,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Indonesia menjadi tuan rumah turnamen sepakbola bertitel 47th Asian Schools Football U-18 yang akan berlangsung di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 15-25 November mendatang. Ajang ini diikuti delapan negara, yakni China, India, Korea Selatan, Malaysia, Singapura, Sri Lanka, Thailand dan Indonesia.

Penulis: Ipon
Editor: Nurhayati